Hujan deras, cuaca dingin. bubur kacang hijau nikmat dan berkhasiat untuk disantap

Hujan di malam hari

Hujan di malam hari

Cuaca ditempat saya saat ini benar-benar tidak mendukung, hujan turun terus menerus sehingga menyebabkan sebagian daerah di dekat tempat tinggal saya terkena banjir. selain dari faktor alam juga karena faktor manusianya sendiri yang menyebabkan banjir itu. tapi ya sudah, jangan bahas banjir ah, bikin sakit hati kalau bahas soal itu he.

Beberapa hari ini akibat cuaca yang kurang mendukung, tubuh saya pun mengalami penurunan stamina yang cukup drastis. saya tidak pergi ke dokter karena memang tidak terlalu parah sekali, ya memang hanya masuk angin sakitnya, tapi tetap cukup merepotkan ketika mau melakukan berbagai aktifitas sehari-hari, walaupun secara terpaksa saya lakukan karena memang masih sanggup berjalan dan berpikir dengan jernih hehe.

daripada pake metode kaya gini, kuno dan merepotkan, tapi hasilnya nihil xixixixixi.....

daripada pake metode kaya gini, kuno dan merepotkan, tapi hasilnya nihil xixixixixi…..

saat ini sedang memasuki fase pemulihan fisik, alhamdulilah juga sudah agak lebih baikan sekarang, setelah cukup beristirahat dan minum obat yang cocok, ditambah pula banyak minum air, dan tak lupa makan (walau tidak nafsu makan, tapi harus dipaksakan, agar kondisi fisik tetap terjaga). Kebetulan tadi ibu saya sedang memasak sesuatu, saya coba liat, wah masak bubur kacang, ini kesukaan saya. saya tanya ibu saya, apakah sudah matang, ya sudah kata ibu saya. tanpa banyak basa basi langsung saya ambil dah itu bubur kacang semangkuk langsung disantap pas panas panas. wah rasanya enak (menurut saya :D) . kemudian saya teringat sesuatu, bahwa memang khasiat kacang hijau ini yaitu untuk menurunkan sakit demam (bahasa gaulnya masuk angin :mrgreen:) salah satunya. nah kebetulan juga saya mau berbagi ilmu tentang manfaat dari kacang hijau ini buat anda sekalian, daripada saya hanya berceloteh tentang rasanya saja yang enak, tapi khasiatnya tidak diberitahukan, nantinya bakalan jadi artikel yang mubazir.😀

Gambar Kacang Hijau

Gambar Kacang Hijau

Manfaat kacang hijau bagi tubuh anda salah satunya adalah sebagai sumber protein alami yang sangat baik untuk tubuh kita, semua jenis kacang kacangan (kacang hijau yang saya bahas ini) meruapakan salah satu jenis makanan yang kaya akan serat alami yang membantu melancarkan pencernaan serta rendah lemak. Kacang hijau memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, yaitu (31kkal/100mg) dan tidak mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan kita. Kacang hijau juga kaya akan vitamin (A, B1, C dan E pada kecambahnya alias tauge),  mineral alami, dan zat gizi yang baik untuk tubuh kita, beberapa manfaat dari kacang hijau yang saya tahu diantaranya adalah : dapat menurunkan panas demam tinggi, mengandung fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang, meningkatkan kecerdasan seorang bayi, mencegah penyakit mematikan seperti kanker payudara, mengobati penyakit kelebihan gula darah (diabetes), banyak mengandung protein alami yang baik untuk kesehatan, mampu menjagai kesehatan jantung, meningkatkan nafsu makan, memaksimalkan kerja syaraf, sebagai sumber energi untuk tubuh kita karena juga mengandung karbohidrat, membantu memperlambat penuaan secara dini, mencegah penyakit beri-beri. dan katanya menurut penelitian oleh Ir I.G.A. Ari Agung M., dosen Program Studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gram kacang hijau antara lain, 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, dan sisanya berupa vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral fosfor, zat besi, dan mangan. Berbagai penyakit maupun gangguan yang bisa diatasi dengan mengasup kacang hijau antara lain beri-beri, radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC paru-paru, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan lain-lain.
Selain itu, kacang hijau juga bisa menurunkan demam. Bahkan menurut hasil penelitian, kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya. Hebatnya lagi, biar direbus lama, sampai hancur, kacang hijau tetap berkhasiat, tidak terpengaruh dengan panas. Berbeda dengan kacang, sayur, buah, dan bahan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama, akan menurunkan khasiat pengobatannya.
Aneka Ramuan Kacang Hijau Ada banyak macam penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya dengan mengasup kacang hijau. Berikut ini beberapa ramuan kacang hijau yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Dari berbagai sumber ramuan-ramuan ini diambil, salah satunya dari Drs. Didik Gunawan, Apt. S.U., dosen pada Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
(tulisan warna biru, adalah kutipan dari sini)
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Nah sudah tahu kan, beberapa manfaat dari kacang hijau ini, sekarang bagaimana cara mengolahnya, sebenarnya banyak sekali cara mengolah bahan makanan yang satu ini, namun yang saya bisa dan tahu cuma membuat bubur kacang hijau ini saja hehehe:mrgreen: endeso saya ya ga😆 ya karena cara ini adalah satu-satuny cara termudah dan tersederhana sekali untuk mengolah bahan makanan kacang hijau ini😀 .
langsung saja➡

Cara membuat bubur kacang hijau

Siapkan bahan terlebih dahulu :

  1. 1 cangkir kecil kacang hijau (karena saya tidak punya alat ukur timbangannya😀,
  2. 1 biji gula merah (jika masih kurang manis bisa ditambah lagi sedikit sesuai selera anda),
  3. 1 1/2 liter air,
  4. 1/2 sendok teh  garam,
  5. 1/2 sendok teh vanili,
  6. 1 gelas santan kelapa, dan
  7. 1 batang jahe,
  8. 2 lbr daun pandan (untuk menambah aroma dan citarasa lebih baik).

Cara membuat :

  1. rendam terlebih dahulu kacang hijau selama 1 jam saja cukup ( ada yang mengatakan optimalnya 6 jam),
  2. kemudian cuci bersih dan tiriskan,
  3. rebus air beserta garam dan vanili bubuk sampai mendidih,
  4. masukkan kacang hijau sampai kacang hijau empuk dan air berkurang cukup banyak,
  5. masukkan gula merah. kemudian aduk terus menerus sampai mengental dan kacang hijau empuk sampai matang,
  6. masukan santan, jahe, garam, beserta daun pandan dan biarkan sampai terlihat mendidih dan jangan lupa sambil diaduk supaya merata matangnya, dan terakhir
  7. bubur kacang hijau kini siap untuk dinikmati, selagi panas jauh lebih nikmat rasanya.😀

catatan : resep ini berlaku khususnya untuk saya dan ibu saya yang sering seperti ini cara membuat bubur kacang hijaunya, jika misalkan berberda resep cara membuatnya, ya silahkan saja anda cari resep terbaik, agar hasilnya juga baik hehe. dan jika rasanya tidak enak, mungkin hanya sedikit disesuaikan saja penambahan dan pengurangan bahan-bahannya sesuai dengan selera anda. terima kasih banyak. semoga bermanfaat.😀

About Dr.Feelgood

"way to reach a thousand real dream".........

Posted on Desember 11, 2012, in Tips and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. mau doonngggg

  2. laptop doyan bubur jga toh ??

  3. wah laptopnya setipe dengan aku😀
    Asus A43S kan?
    selain bubur kacang ijo yang sehat dan full vit.B
    minum teh tawar hangat
    atau wedang ronde juga enak kak bro waktu hujan

    • casingnya aja yg sama gan felix, tapi dalemannya beda, klo punya saya yg lebih murahnya yg pake vendor dari AMD gan. Asus K43U. kelemahan dari segi teknisnya di processor yg masih kurang besar cuma 1.6GHZ lainnya sudah diatas rata2. dan kedua material casing pada bagian cover atas dan bawah, kurang berkualitas, dudukan baut pengencangnya mudah sekali patah.

    • mantap teh tawar hangat atau wedang ronde (klo disini disebutnya dengan bandrex, mirip2, tapi cuman kuahnya doang. klo wedang ronde lebih spesial lagi ada candilnya jadi bisa bikin kenyang juga he) . mantap dah pokonya.

  4. ngeri bener kerokan nya bro

  5. tattoo macan loreng, mantab
    eh, artikelmu buanyak komen2 aneh (basa inggris), hati hati takutnya malware, tempatku yg kayak gitu tak delet smua

  6. itu yg kerokan sapa bro.. nikmat bgt

  7. aku sekarang sering minum,minuman a la Jokowi. KAcang ijo rebus campur temu lawak plus madu

  8. nyam..nyam..uenak tenan dan bergizi.. 🙂

  9. wah, lengkap banget khasiatnya😮 tapi gambar kerokannya masih lebih wah :O
    Saya bookmark ya postnya, pengen bikin bubur sendiri nih😀

  10. hujan-hujan cuaca dingin
    bagi saya MINUM KOPI PANCONG
    lebih menyenangkan
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/kopi-pancong-dan-biker.html?m=1

  11. biikin hangat diperut😀

  12. burjo ne kok koyo rada merah , malah mirip kaldu mas? xixixi 😀

  13. waduhhh masuk angin dikerok mantap abis gan merahnya!!

  14. ini baru namanya tatto SEHAT brai……kekekekekke

Tinggalkan Balasan

