KTM, Produsen Otomotif asal Austria, tak hanya produksi Sepeda Motor, Mobil, ataupun radiator. tetapi juga produksi sepeda berbagai tipe

Sepeda, siapa yang tidak mengenal jenis kendaraan tanpa mesin yang satu ini, yups, jenis kendaraan atau alat yang kegunaanya untuk membantu mobilitas manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan biasanya sepeda pada umumnya banyak dipakai untuk jarak yang relatif tidak terlalu jauh. tetapi ada juga beberapa jenis sepeda yang memang diperuntukan khusus untuk mengexplorasi atau menjelajahi area pegunungan yang terjal, seperti sepeda gunung, karena memang hanya jenis sepeda inilah yang paling cocok untuk dipakai blasak blusukan ke daerah berbatu, semak2x, tanak tidak rata dll yg bukan seperti daerah perkotaan yg sudah mulus hehe. tpi tahu gk sih, bahwa yang memproduksi sepeda gunung itu bukan hanya dari produsen khusus pembuat sepeda saja, seperti polygon, wim cycle, federal, dan lain sebagainya. tetapi dari pihak perusahaan automotif pun juga ada yang membuatnya loh. salah satunya adalah pabrikan KTM. salah satu pabrikan automif terbaik dunia, terutama untuk kategori motorsportnya di kelas enduro dan motorcross. yang selalu mndapatkan berbagai penghargaan juga sangat banyak mendapatkan nominasi juara di segmen tersebut. tetapi sebenarnya adapula pabrikan otomotif lain yang lebih besar dari KTM, seperti BMW, Mercedes BenZ, dan juga Peugeut. namun jumlah referensinya sukar untuk ditelusuri alias terlalu susah untuk dicari sebanyak mungkin. makanya cuma KTM saja yang paling gampang nyarinya hehe, dan juga sudah terdata di ensiklopedia bebas wikipedia. ya begitulah😀. atau kalau mau anda cari, ya silahkan saja cari sendiri selain dari KTM dan jadikan artikel untuk blog anda sendiri bagus juga kan😀

KTM umumnya paling banyak dikenal sebagai produsen pembuat sepeda motor off road yang meskipun dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang menjadi produksi sepeda motor jalanan. Perusahaan ini telah memiliki tradisi motorsport yang sudah mengakar. Lebih dari 130 titel juara dunia, kemenangan di Dakar dan kejuaraan nasional yang tak terhitung jumlahnya adalah bukti keahlian besar teknis perusahaan ini. simak sedikit ringkasan bagaimana perusahaan ini dari awal lahir sampai berkembang pesat seperti saat ini :

selingan Kutipan mengenai Sejarah KTM

KTM didirikan pada tahun 1934 oleh Hans Trunkenpolz dan pada awalnya dikenal sebagai Kraftfahrzeuge Trunkenpolz. Karena perusahaan itu benar-benar sebuah toko Metalworking (metalworking adalah proses bekerja dengan logam untuk membuat bagian-bagian individu, rakitan, atau struktur skala besar. Istilah ini mencakup berbagai macam pekerjaan dari kapal besar dan jembatan ke bagian mesin presisi dan perhiasan halus. Karena itu mencakup berbagai macam hal yang berkaitan dengan logam. dan sejalan menurut keterampilan, proses, dan alat-alat). dan penjualan yang cukup rendah, pemilik memutuskan untuk memulai pembuatan sepeda motor. Dua tahun kemudian, pada tahun 1953, seorang pengusaha Austria bernama Ernst Kronreif membeli sebagian besar dari perusahaan tersebut dan berganti nama menjadi Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen (KTM).

Pada tahun pertama keberadaannya, mereka hanya memiliki 20 orang karyawan saja, dan mereka hanya mampu memproduksi sekitar tiga sepeda per hari, termasuk R100 98cc, sebuah proyek sepeda motor yang dimulai pada tahun 1951. KTM pertama kali berpartisipasi dalam kegiatan olahraga motor pada tahun 1953 dalam kompetisi Gaisberg 5th di mana ia memenangkan tiga tempat pertama.

Satu tahun kemudian, KTM merayakan pengiriman sepeda motor 1000 dan, pada tahun yang sama, ia memenangkan kejuaraan nasional Austria 125. Dua tahun kemudian, pada tahun 1956, KTM berpartisipasi dalam lomba Enam Hari Internasional untuk pertama kalinya dan Egon Dornauer memenangkan emas.

Pada tahun 1959, insinyur KTM Ludwig Apfelbeck mengembangkan motor balap baru yang Erwin Lechner digunakan untuk memenangkan beberapa kompetisi offroad. Meskipun hal itu dirasa akan cukup baik bagi perusahaan, namun pihak KTM mulai  manufakturkan sepeda motor pada tahun 1964.

Dua tahun kemudian, KTM memulai produksi sebuah motor dengan julukan “crosscountry Penton Six Days“, sepeda motor yang dimaksudkan untuk diekspor ke Amerika Serikat. Pada tahun yang sama  menandai serta memenangkan kejuaraan nasional Austria oleh Manfred Klerr menggunakan motor 250cc baru Motorcross.

Lebih penting lagi, pada tahun 1973, KTM memulai produksi serial dari 250 Motorcross dan Enduro sementara tahun yang sama, tim Austria mencatat poin kejuaraan dunia pertama dan Grand Prix pertama menang. Sampai tahun 1974, KTM memiliki berbagai tidak kurang dari 42 model, tetapi meskipun demikian, perusahaan memulai produksi Hobby KTM III pada tahun yang sama.

KTM mulai tahun 80-an dengan hit penting karena mereka memperkenalkan pendingin cairan atau radiator atau bahasa inggrisnya watercooled pertama, untuk sepeda motor 125cc Motorcross pada tahun 1981, sementara satu tahun kemudian mereka menerapkan suspensi Pro baru Lever belakang untuk semua model mereka motorcross.

Pada tahun 1984, KTM mulai membuat radiator sendiri dan menjualnya kepada pesaing atau kompetitor (Suzuki menjadi salah satu nama yang paling penting). Namun, di saat yang sama mereka memproduksi komponen sepeda motor, perusahaan merayakan 100.000 th mereka mesin KTM yang datang dengan perpindahan 500cc, dengan sistem pendingin cair dan bisa menghasilkan lebih dari 50bhp.

Seri produksi mesin KTM 4 langkah berpendingin cair yang dimulai pada tahun 1987, tetapi satu tahun kemudian, salah satu manager perusahaan, Eric Trunkenpolz meninggal. Karena mengalami kepailitan alias kebangkrutan, kemudian perusahaan ini dibagi menjadi beberapa divisi independen, yang baik terus membuat radiator atau membangun sepeda motor dan sepeda. Pada tahun 1992, baru KTM Sportmotorcycle GmbH secara resmi didirikan, memiliki tim manajemen baru, Enduro keras baru dan design sepeda motor baru.

 

^ nah dari paragraf terakhir inilah asal muasalnya pihak pabrikan mengalami sebauh bencana kepailitan atau kebangkrutan, sehingga sistem manajeman perusahaanpun dipersempit kemudian terpecah belah kedalam berbagai divisi manufaktur masing-masing. maka kemudian perusahaan terbagi-bagi kedalam beberapa kategori produksinya masing-masing, diantaranya ada yang khusus menangani bidang sepeda motor, sepeda. dan khusus untuk membuat radiator. mungkin pihak KTM sendiri punya alasan khsusus mengapa setiap divisi harus terpisah seperti ini, namun yang jelas hal ini menurut ilmu manajemen jelas akan lebih menguntungkan, karena pengelolaan perusahaan akan lebih terstruktur secara lebih efektif, walaupun dari segi efisiensi dinilai kurang begitu menguntungkan secara finansial, karena harus membangun kembali pabrik baru dengan beda divisi. akan tetapi hal ini sangatlah lumrah untuk perusahaan berskala besar, sehingga setiap sumber daya manajemen (men, materials, methods, money, market) akan terkelola dengan baik. ya sama juga kaya perusahaan jepang umumnya seperti honda, yamaha, suzuki, dan kawasaki yang selalu memisahkan setiap divisi masing-masing manufakturnya, mobil khusus mobil, motor khusus motor dan lain sebaginya. 

sampai cukup disini saja saya jelaskan rincian mengenai perusahaan KTM ini, untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang perusahaan automotif KTM ini, anda bisa baca sendiri sini ataupun sumber lain. klo saya jelaskan semua, terlalu panjang, terlalu lama juga buat ngedit translatennya ke bahasa indonesia, dan juga tidak akan cepat sampai pada pokok bahasan ssesuai judul diatas yang saya kasih nama. sori ya xixixi…….:mrgreen:

nah dibawah ini kita bisa liat beberapa sampel produk sepeda berkualitas tinggi yang diproduksi perusahaan KTM Bike Industries tersebut, banyak sekali produk-produk sepeda yang dihasilkan dan dibagi kedalam beberapa tipe diantaranya adalah :

1. E-Bike, lihat di sini (e-Bike)

2. Mountain, lihat disini (29er, Race, Sport, Tour & All MountainFree Ride & Downhill, Lady)

3.  Road, lihat disini (Road, Triathlon)

4. Trekking, lihat disini (Onroad, Offroad, All Terrain)

5. City, lihat disini (City, Urban)

6. Kids. lihat disini (Kids)

neh dibawah saya kasih 2 gambar sebagai contoh bagaimana model-model sepeda yang diperoduksi oleh KTM tersebut, pasti bikin ngiler gan hehehe………😀

tertarikah anda untuk memilikinya langsung saja pesan gan kunjungi langsung situsnya di http://www.ktm-bikes.at/ . kalau saya seh, tertarik tapi berhubung gak punya duit, ya cuman bisa gigit jari aja, ckckckck…..:mrgreen: ya coba saja kirim email ke situsnya cari alamat contactnya langsung. dan untuk harganya saya tidak begitu terlalu tahu, namun menurut beberapa sumber yang sudah saya baca menyebutkan bahwa untuk kategori mountain bike tahun 2009 tipe KTM Carbon RACE LC MASTER seharga EUR 2799 jika dikonversikan ke Rupiah menjadi Rp. 34.497.675 gelo euy hargana saharga motor mahal ckckckck…….😆 sekian dan terima kasih. semoga bermanfaat, yg penting dengan bersepeda tubuh kita bisa sehat itu intinya, pake sepeda kumbang buatan lokal juga udah cukup ko hehe……….😀

sumber Hak Cipta :

1. Sejarah dikutip dari situs –  http://www.autoevolution.com/moto/ktm/history/

http://m.motorcycle-usa.com/687/2609/Motorcycle-Article/KTM-Motorcycle-History.aspx

3. gambar sepeda diambil dari websitenya KTM Bike Industries, tuh dibawah gambar terakhir alamat situsnya😀

About Dr.Feelgood

"way to reach a thousand real dream".........

Posted on September 24, 2012, in Otomotif Review Produk Perusahaan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Pertamaxin dulu ah……hahaha…….:mrgreen:

  2. kate siape bang? ka te em dong…

  3. aku yo pengeeeeeeeeeeen sepeda

  4. PT. Federal Cycle Mustika yang memproduksi sepeda federal adalah anak perusahaan dari ahm

    • betul mas, tapi tidak serta merta memberikan nama sama persis seperti pada perusahaan KTM ini.😀 walaupun yang membuatnya pabrikan besar dan terkenal, tetapi jika pembererian nama merk juga tidak diikutsertakan, akan sangat susah juga untuk bisa dikenal luas.

  1. Ping-balik: Hati-hati, Bandit Jalanan Pura-pura Menolong | AIRSOFTGUN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: