Hari Bumi Sedunia atau Earth Day, Punya makna yang sangat dalam jika kita cermati………

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat siang masbro sekalian, selamat menikmati weekendnya masing2 semoga acara weekendnya bisa membuat suasana yang tadinya penat, stress bisa berubah menjadi hal yang cukup menyenangkan. amin.

Hari ini, tepatnya tanggal 22 April 2012 pukul sekitar jam 8an tadi pagi saya mulai menyalakan komputer. ketika saya membuka internet, kemudian buka browser cometbird dan langsung muncul logo Google yang baru, ketika saya letakan kursor pada gambar tersebut, terlihat jelas ada tulisan kecil yang menjelaskan dari logo baru Search Engine Google ini yaitu tentang Earth Day atau yang sering kita dengar dengan istilah bahasa indonesianya Hari Bumi Sedunia, yang setiap perayaannya jatuh pada setiap tanggal 22 April setiap tahunnya.

Earth Day Philosophy

Earth Day Philosophy

Peringatan Hari Bumi Sedunia atau Earth Day ini, sebelumnya telah diprakarsai oleh Seorang Pengajar Pecinta Lingkungan Hidup asal Negeri Paman Sam (Amerika Serikat), beliau adalah Gaylord Nelson, sekaligus sebagai Senator di Negaranya. Tujuan dari perayaan Hari Bumi Sedunia (Earth Day) ini tak lain adalah untuk menyadarkan kita sebagai manusia, sekaligus sebagai penghuni Planet Bumi, untuk lebih sadar dan bertanggung jawab terhadap keberlangsungan berbagai tatanan ekologi yang selalu melibatkan 2 faktor Biotik dan Abiotik. Masalah lingkungan dalam kehidupan dewasa ini sungguh sangat menjadi perhatian dari berbagai kalangan, sebab kalau keadaan lingkungan telah rusak, termasuk juga dilingkungan kita sendiri, tentu akan jelas berdampak kepada manusia yang hidup disekitarnya pula, sehingga tidak heran kalau begitu banyak orang diseluruh dunia yang ikut menyuarakan untuk memperhatikan dan melestarikan lingkungan sekitar masing-masing.

Pemandangan di sekitar daerah Situ Cimeuhmal, Kabupaten Bandung Selatan

Pemandangan di sekitar daerah Situ Cimeuhmal, Kabupaten Bandung Selatan

Pemandangan di sekitar daerah Situ Cimeuhmal, Kabupaten Bandung Selatan

Pemandangan di sekitar daerah Situ Cimeuhmal, Kabupaten Bandung Selatan

Pemandangan di sekitar daerah Situ Cimeuhmal, Kabupaten Bandung Selatan

Pemandangan di sekitar daerah Situ Cimeuhmal, Kabupaten Bandung Selatan

Pemandangan di sekitar daerah Situ Cimeuhmal, Kabupaten Bandung Selatan

gambar ilustrasinya saya comot aja dari hasil kemarin jalan2 ke danau cimeuhmal bersama teman kerja saya yang masih satu wilayah tempat tinggal dengan saya pribadi.

Seperti dalam ajaran agama yang saya anut (Islam), banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup sebagai tumpuan yang bukan hanya semata sebagai himbauan semata, tetapi lebih dalam lagi ke arah yang lebih tinggi lagi yaitu sebagai tuntunan hidup. saya cantumkan dua contoh Surat saja yang berasal dari Al-Qur’an, yang berkaitan dengan Pelestarian Lingkungan

Surat Al Baqarah : 30

Artinya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”.” (QS Al Baqarah : 30)

Surat Al-A’raaf : 56

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. [Q.S. al-A’raaf: 56]

Pada kedua ayat tersebut Alloh SWT. dengan tegas melarang  dan memerintahkan manusia agar jangan membuat kerusakan di permukaan bumi. Larangan membuat kerusakan ini mencakup semua bidang, merusak pergaulan, merusak jasmani dan rohani orang lain, merusak penghidupan dan sumber-sumber penghidupan, (seperti bertani, berdagang, membuka perusahaan dan lain-lainnya). Padahal bumi tempat hidup ini sudah dijadikan Allah cukup baik. Mempunyai gunung-gunung, lembah-lembah, sungai-sungai, lautan, daratan dan lain-lain yang semuanya itu dijadikan Allah untuk manusia agar dapat diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai dirusak dan dibinasakan. Selain dari itu untuk manusia-manusia yang mendiami bumi Allah ini, sengaja Allah menurunkan agama dan diutusnya para nabi dan rasul-rasul supaya mereka mendapat petunjuk dan pedoman dalam hidupnya, agar tercipta hidup yang aman dan damai. Dan terakhir diutus-Nya Nabi Muhammad saw. sebagai rasul yang membawa ajaran Islam yang menjadi rahmat bagi semesta alam.

Kedua ayat tersebut memberikan penjelasan, betapa pentingnya pengelolaan lingkungan alam dalam ajaran agama Islam. Sehingga Islam mengajarkan kepada para pemeluknya, agar memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam upaya pelestarian lingkungan yang menjadi tempat tinggalnya. Sungguh sangatlah tepat jika ada sebuah ungkapan yang menyatakan :  Alam sekitar bukanlah warisan nenek moyang kita, melainkan titipan dari Yang Maha Kuasa.  dengan begitu, betapa pentingnya pemeliharaan terhadap alam raya (planet bumi), sebab Planet Bumi yang kita huni ini bukan hanya diperuntukkan bagi kita yang hidup saat ini saja, tetapi juga bagi anak cucu kita kelak di masa mendatang.

Dengan kesadaran semacam ini, maka semua warga dunia penduduk Planet Bumi diminta supaya bisa berupaya memelihara dan terus melestarikan lingkungan hidup, sumber daya hutan dan lahan yang masih dalam kondisi baik maupun telah mengalami kerusakan, sehingga nanti tidak akan terlalu banyak sekali mengalami degradasi, yang tidak memberikan manfaat optimal bagi kehidupan seluruh umat manusia. amin.

sebagai contoh sederhana, singkat serta cukup efektif ialah:

1. Buanglah Sampah Pada Tempatnya, pisahkan sampah yang berjenis organik dan non organik. dengan membiasakan kita berperilaku seperti ini setiap hari itu juga akan berdampak positif sebagai antisipasi pencegahan banjir pula ya toh.

2. Jangan membakar sampah ketika siang hari, hal itu bisa menimbulkan banyak kerugian, seperti akan mengakibatkan pencemaran udara dari pembakaran sampah akan meracuni setiap orang disekitarnya, bahkan bisa menimbulkan pula kebakaran.

3. Berdayakan bahan2 bekas yang sekiranya hanya menjadi tumpukan sampah yang kurang berguna bertumpuk di gudang rumah, ya misalnya dengan membuat sebuah kerajinan tangan dari material2 bahan2 tersebut, untuk cara dan bagaimana kita membuat hal yang kreatif seperti itu, bisa kita cari di internet banyak lah.

4. Gunakan kendaraan bermotor diusahakan seperlunya saja, agar tingkat pencemaran dari karbondioksida yang dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan tersebut tidak terlalu banyak menyebar ke udara perharinya.

4. dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan kegiatan pelestarian lingkungan untuk keberlangsungan Planet Bumi yang kita Cintai ini.

Semoga Bisa Bermanfaat, Saran dan Kritik silahkan tuliskan saja di kolom komentar yang tersedia.

Sumber Hak Cipta :

1. Gambar 1 : http://www.planetpals.com/earthday2.gif

2. Gambar 2  : Murni milik Pemilik warung.

3. dan sedikit referensi rujukan dari berbagai sumber : Al-Qur’an, Wikipedia, serta sumber lain sekitar kurang lebih 20%.

About Dr.Feelgood

"way to reach a thousand real dream".........

Posted on April 22, 2012, in Informasi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. nambahi bro
    kalau bisa daur ulang sampah😀

  2. dukung hari BUmi lalu dukung pula hari pak mi

  3. hoam hantuk gan

  4. dit4ku ada program pasangan yang menikah wajib tanam pohon bro,1 orang 1 pohon

    • waw mantap sekali pak bos, apresiasi yg patut kita dukung. bayangkan saja, jika dalam 1 tahun sudah berapa banyak jumlah pohon yang telah ditanamam oleh masing2 psangan menikah tersebut, sedangkan jumlah pasangan yang menikah disatu daerah saja dalam 1 minggu bisa lebih dari 30an psangan…. luar biasa.

  5. intineee LINDUNGI PACAR KITA,, eh,, BUMI KITA:mrgreen:

  6. selamat hari bumi bro…😀 #moga2 aja kiamat masih jauh….hehehe…:mrgreen:
    http://tovavanjava.wordpress.com/2012/04/21/pilot-al4y/

    • mari kita cintai lingkungan kita masing2, agar nyaman untuk kita huni hehe.
      wkwkwkwkw…………makanya banyak tobat biar kiamat nanti bisa diperpanjang masa aktifnya hahaha.:mrgreen:

  7. YUP..dimulai dr diri sendiri, misal memprthankan kelestarian lingkungan, nanem pohon, jgn nebang pohon ngasal, jaga kebersihan, dl..
    met earth day

    • betul sekali bro gogo, kita mulai dri diri sendiri dilingkungan kita saja dahulu, agar kita merasa nyaman dan betah untuk kita tempati. amin.😀

  8. mampir gan : http://bmaster23.wordpress.com/2012/04/24/bikin-browser-blackberryjadi-lebih-ngebut-simple-and-easy/

  9. dimulai dr diri sendiri…:D pasti bisaaaaa

    • dan dimulai dari hal yang paling mudah dan murah saja intinya hehe. pasti bisa. harus itu bim. sorri hehe udah dibebasin bro bimo..😀

  10. wah kena satpam

  11. gan mampir ya pos baru nih : http://bmaster23.wordpress.com/2012/04/26/trackpad-untuk-android/

  12. masuk spam nggak, mas bayu???🙂

    • hahah, maaf mas gian, bru buka blog lagi xixixi yo mas masuk tapi tak apa sudah aman sekarang mas gian😀

      • hehe.. satu bumi, satu warisan buat anak cucu kita nanti.. 🙂

        • ia mas, setuju sekali. bumi ini memang tuhan titipkan kepada kita yang hidup dijaman sekarang supaya setiap sumber daya alamnya bisa termanfaatkan secara wajar, agar kelak anak cucu kitapun bisa kebagian manfaatnya.😀

  13. gak updaye lagi broo?
    mampir ya : http://bmaster23.wordpress.com/2012/04/28/download-buku-membuat-aplikasi-androidsederhana-gratis/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: