Dilahirkan untuk Berpetualang, Bukan untuk Balapan

Dasboard Suzuki Inazuma

Dashboard Suzuki Inazuma

Setelah melihat (hanya pada foto saja) dan membaca langsung mengenai motor yang sudah dilaunching pada tanggal 12 oktober 2012 kemarin, saya menganalisa satu persatu mengenai fitur internal apa saya yang sudah disematkan pada ini motor oleh pihak Suzuki. motor yang secara harga memang sangat terbilang mahal ini Rp.46.000.000 harga on the road cukup mampu membuat kesan yang baik bagi sebagian kalangan tertentu, terutama kalangan atas tentunya hehehe. ya kalangan bawahpun ada juga cukup banyak ko yang sampai terkesima mengenai motor Suzuki Inazuma yang beraliran Street bike dan bukanlah beraliran sport bike seperti Kawasaki Ninja 250 R ataupun Honda CBR 250, karena memang jika secara market itu sendiri saling berhadap-hadapan alias head to head, tetapi secara fungsionalnya itu sendiri, menurut sayapun memang jelas beda sekali  peruntukannya. sebagai contoh motor harley davidson, memang motor tersebut sudah multi silinder dan power yang tidak bisa dikatakan kecil, tapi apakah harley davidson dibuat untuk balap? silahkan logika anda dipakai :D

Tangki BBM berkesan Ekslusif dan sporti plus tutup tangki modern tak lupa juga ditanamkan supaya lebih terlihat dinamis

Tangki BBM berkesan Ekslusif dan sporti plus tutup tangki modern tak lupa juga ditanamkan supaya lebih terlihat dinamis

Suspensi belakang Monoshock

Suspensi belakang Monoshock

Suzuki Inazuma atau GW250 ini benar-benar khusus atau spesial untuk keperluan perjalanan jarak jauh istilah umumnya touring. makanya jelas banget klo dibandingkan secara performa dengan para kompetitornya Honda CBR 250 apalagi Ninja 250 R, jelas bukanlah lawan yang sepadan jika dinilai secara performa, cuma orang yang dalam tanda kutip “kelewat pintar” aja yang secara mentah-mentah membandingkan performa yang jelas sekali berbeda genre dengan 2 kompetitor utama sesama jepang. saking pinternya jadinya ************************** saya ketawa ngakak aja. wkwkwkkwkwkw :D :mrgreen: .

beberapa fitur unggulan yang disematkan secara internal di motor ini antara lain, saya kutip langsung dari detik.com, mau saya edit dengan kata-kata sendiri, karena tidak mungkin, sebab informasinya juga sudah dibuat secara singkat jelas padat oleh redaksinya, jadi ya sudah saya kutip saja secara penuh artikelnya, dan tentunya dengan penjelasan dari saya juga dong he. berikut penjelasannya :

Mesin Inazuma

Jakarta – Produsen motor Suzuki menghentak Indonesia dengan melahirkan naked bike anyar bernama Inazuma. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 250 cc. Apa saja kehebatan mesin ini?

Inazuma merupakan flagship model sekaligus touring model. Sebagai flagship model, Inazuma memiliki cita rasa premium yang memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya, bersamaan dengan itu Inazuma memiliki performa prima untuk touring sehingga mudah dioperasikan.

Dan Inazuma, dikatakan Regional Office Head PT Suzuki Indomobil Sales Aceng Ulumudin juga merupakan produk kebanggaan yang dapat mengcover semua level pengendara serta berbagai jenis keperluan.

Mesin Inazuma, lanjutnya, dirancang dengan tujuan ‘Smooth and Gently’. Pengoperasian buka tutup gas disesuaikan dengan kondisi jalan perkotaan dimana karakternya tetap smooth dan bertenaga di putaran mesin rendah, dan menengah sehingga mudah dioperasikan dan tenaganya gently untuk mobilitas sehari-hari.

Mesin Inazuma ini menurut Aceng dirancang untuk mencapai tujuan ‘Smooth and Gently’ tersebut. “Karakter unik yang dimiliki Inazuma terwujud karena kombinasi dua silinder segaris serta long stroke,” lugasnya.

Lebih lanjut Aceng menjelaskan kalau mesin Inazuma ini menggunakan dua silinder dan crank shaft sudut 180 derajat.

Dengan gerakkan dua piston yang saling berlawanan ke atas dan bawah, Suzuki mengklaim kalau sistem ini lebih efektif menghilangkan getaran primer masing-masing piston.

Pada mesin dua silinder yang lain ada yang bersudut 270 dan 360 derajat. Akan tetapi getaran paling kecil adalah sudut 180 derajat.

“Walaupun demikian, masih ada gerakan pelintir yang merupakan ciri khas mesin dua silinder,” tambahnya.

Piston, Crank Shaft, dan Engine Balancer pada mesin Suzuki Inazuma 250. Gambar 2

Piston, Crank Shaft, dan Engine Balancer pada mesin Suzuki Inazuma 250. Gambar 2

“Untuk mengatasi getaran akibat gerakan pelintir tersebut, mesin ini dilengkapi engine balancer di bagian depan crank shaft. Dengan mengadopsi balancer ini, getaran rendah berhasil diwujudkan dengan kualitas yang sama dengan mesin empat silinder,” paparnya lagi.

Selanjutnya, Aceng menjelaskan kalau tipe mesin ini adalah long stroke dengan bore 53,5 mm dan stroke 55,2 mm yang merupakan over stroke engine.

Dengan perbandingan bore X stroke seperti itu, torsi yang dihasilkan cukup besar dan konsumsi bahan bakar stabil pada putaran rendah atau buka tutup gas.

“Misalnya, pada gigi perseneling tinggi di kecepatan rendah, mesin pun mampu menghasilkan tenaga untuk berputar secara smooth,” imbuh Aceng.

Perpindahan Gigi pada persneling yang halus, membuat kenyamaman lebih terasa. gambar 3

Perpindahan Gigi pada persneling yang halus, membuat kenyamaman lebih terasa. gambar 3

Dan dengan kombinasi dua silinder 180 derajat crank shaft dan long stroke ini, mesin pun mampu mencapai tenaga yang cukup besar yang halus tanpa getaran. Tanpa mechanical noise dan tanpa tersendat-sendat.

“Akselerasinya sangat halus. Torsi pada putaran mesin rendah, menengah tetap dipertahankan untuk memberikan feeling berkendara sepeda motor mesin bakar,” katanya.

Dilengkapi dengan pendingin cairan atau Radiator, sehingga bisa mengurangi tingkat panas berlebih atau overheating pada mesin Suzuki Inazuma 250 ini. Gambar 4

Dilengkapi dengan pendingin cairan atau Radiator, sehingga bisa mengurangi tingkat panas berlebih atau overheating pada mesin Suzuki Inazuma 250 ini. Gambar 4

Kemudian dengan pendingin cairan, Suzuki mengatakan kalau mereka berhasil mendapatkan torsi pada kecepatan rendah dan suara mesin yang halus. Transmisi 6-speed menggunakan gigi rasio yang dirancang secara spesial untuk kemudahan berkendara sehari-hari.

“Terakhir kami berusaha keras dalam mengembangkan sistem FI. ECM sebagai otak sistem menggunakan 32 bit, sama dengan yang dipakai dengan yang dipakai GSX-R series. Fuel injection yang dimiliki motor ini juga menggunakan 8 micro hole tipe yang juga sama dengan GSX-R series,” ujarnya.

sistem pengkabutan bahan bakan sudah menganut teknologi Injeksi, yang sama pula digunakan untuk motor Suzuki seperti GSX-R series.

sistem pengkabutan bahan bakan sudah menganut teknologi Injeksi, yang sama pula digunakan untuk motor Suzuki seperti GSX-R series.

Selanjutnya, nafas GSX-R series juga bisa dirasakan di mesin ini karena soft setting mesin ini dikerjakan langsung oleh orang yang sama yang mengerjakan mesin GSX-R series.

Sebagai hasilnya, diperolehlah engine feeling yang smooth di segala putaran mesin baik rendah dan tinggi.

“Kami yakin sensasi berkendara ini dapat dirasakan oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman. Dalam pengembangan sistem FI, kami memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi, hampir semuanya bertujuan demi kemudahan berkendara. Teknologi yang dimiliki Suzuki tidak kalah dengan pabrikan lain dalam hal pengembangan respons gas di semua kapasitas mesin sepeda motor,” jelasnya lagi.

Semua Fitur unggulan tersebut, disematkan dalam 1 paket mesin Suzuki Inazuma 250

Semua Fitur unggulan tersebut, disematkan dalam 1 paket mesin Suzuki Inazuma 250

Aceng juga mengatakan kalau model ini dirancang untuk dipasarkan secara global dan karenanya pengembangan dilakukan tidak hanya di Jepang dan Eropa, melainkan di negara yang memiliki cuaca ekstrem.

Tes dijalankan pada kondisi suhu di bawah minus 20 derajat. Sebaliknya, ada juga kondisi suhu di atas 40 derajat yang berlangsung setiap hari.

Para Peserta Touring Suzuki Inazuma, sedang berada di wilayah bandung utara

Para Peserta Touring Suzuki Inazuma, sedang berada di wilayah bandung utara

memasuki wilayah tanjakan, tikungan tajam, serta jalanan yang cukup sempit

memasuki wilayah tanjakan, tikungan tajam, serta jalanan yang cukup sempit

Tidak luput pula tes di dataran tinggi maupun daerah yang menjual bensin kualitas rendah dan juga tes di daerah yang belum pernah menjual sepeda motor 250 cc sehingga tidak ada fasilitas service dan sparepart.

Sengaja diisi dengan BBM beroktan rendah alias premium, hanya sekedar untuk membuktikan ketangguhan mesin, dan bukanlah untuk melegalkan penggunaan premium untuk motor kelas premium.

Sengaja diisi dengan BBM beroktan rendah alias premium, hanya sekedar untuk membuktikan ketangguhan mesin, dan bukanlah untuk melegalkan penggunaan premium untuk motor kelas premium.

“Semua tes tersebut telah lulus dilalui dan hasilnya didapat mesin yang unggul di segala cuaca dan medan,” tambahnya.

“Pengembangan model ini dilakukan untuk mendapatkan karakter seperti yang sudah dijelaskan barusan. Spesifikasi pun ditentukan satu per satu demi karakter ini. Demi itu pula Gently Mechanism diadopsi,” katanya.

“Akan tetapi kami tidak mengorbankan fitur dengan alasan untuk mengurangi cost. Karena prioritas model ini bukanlah cost. Semuanya demi Gently Mechanism yang merupakan karakter model ini,” tuntasnya.

Nah jika anda mencermati setiap kata perkata dan kalimat yang dicantumkan di artikel detik oto mengenai suzuki inazuma ini, cukup jelas mengapa suzuki inazuma ini motor yang dibuat khusus sebagai kendaraan roda dua untuk perjalanan jarak jauh, dan kenapa pula lebih mengutamakan performa diputaran bawah dan menengah, terus kenapa pula insinyur atau engineer dari pembuat motor sport Suzuki GSX-R turut campur tangan dalam proyek merancang motor ini, seperti pada artikelnya mas rudi triatmono terdahulu yang ini so. jadi wajarlah walaupun harganya mahal, ya bisa jadi juga, buat bayar insinyur perancang Suzuki GSX-R bayarnya mahal gan xixixi… :mrgreen: . tetapi tetap saja tidak mungkin tidak sampai ada yang beli sama sekali ini motor, makanya ditargetkan penjualannyapun tidak banyak-banyak 300 unit/bulannya, laku atau tidak, suka atau tidak, namanya  juga bisnis, begitulah dunia bisnis keras dan kejam, tetapi jika berhasil melebihi ekspektasi yang ada, itu adalah sebuah harga yang tidak bisa dinilai dengan uang, karena kepuasan konsumen bagi produsen merupakan feedback atau umpan balik yang akan membuat perusahaan akan tetap bertahan dan berkembang terus ke masa depan.

Dan itu adalah hal yang mustahil jika pikiran kita terlalu dangkal terhadap sesuatu yang belum kita gali secara mendalam. Ibarat kata pepatah “Tak Kenal, Maka Tak Sayang” sebuah falsafah yang sampai saat ini saya terapkan dalam berbagai hal, termasuk cara saya memandang motor inazuma ini sesuai dengan kodratnya, yaitu pure Touring Bike serta Street Bike dan bukanlah sport bike. jadi jelas sudah, motor ini, bukan buat biker yang suka kebut-kebutan, melainkan untuk biker yang suka akan petualangan jauh menjelajah berbagai tempat dengan beragam kondisi yang dilalui dalam perjalanan tersebut, sambil menikmati pemandangan indah ketika berkendara.

bonus gan mau gak naik inazuma yang ini :mrgreen:

Cewek sexy dengan Tato bertuliskan Inazuma di punggungnya.....

Cewek sexy dengan Tato bertuliskan Inazuma di punggungnya…..

Sumber Hak Cipta :

1. Artikel warna Biru dari http://oto.detik.com/read/2012/10/16/091209/2063484/1208/mengenal-lebih-dekat-mesin-inazuma

2. Semua Gambar diambil dari Facebooknya Suzuki Motor Indonesia dan Suzuki GW250.

About Dr.Feelgood

"way to reach a thousand real dream".........

Posted on Oktober 17, 2012, in Otomotif Review Produk Perusahaan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 38 Komentar.

  1. betul…motor ini sesuai untuk keperluan touring …, jelas beda dengan yang pake fairing :-) .. Namun selalu saja org berpikiran…masih kencengan inilah itulah :-)

  2. pasti mantaaap pada putaran bawah dan menengah saja

    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/artikel-motor-sedikit-terlupakan.html?m=1

  3. diferrent-sasi SUZUKI ..
    akankah terulang seperti different-sasi satria ??

    • diferent-sasi atau diferensiasi ? wah gk tau bro, tpi jelas ini cuman sebatas pengganjal perut doang bagi suzuki buat saat ini, entah klo tahun depan mungkin produk lain bisa bertelur lagi yg lebih jos tentunya.

  4. asik tuhhh dibuat touring :D

  5. …inazuma yg paling bawah,wwwwaaaaoooowwwww

  6. Tapi ini indonesia mas
    semua bisa saja
    motor sejatinya turing dipakein fairing
    motoe gen bebek diubak kelamin jd MS
    jd tdk menutup kemungkinan mesin inazuma dijadiin projek kanibalisme mesin n dipasang di rangka motor lain hehehe

    http://www.dk8000.co.nr

    • yups benar sekali mas, di indonesia apapun bisa dirubah sesuai trend atau mode yang sedang berkembang. kostumisasi pada sepeda motor di tanah air, bisa melahirkan bentuk paradigma baru mengenai sepeda motor. :D

  7. rio (eko prabowo wannabe - budeg edition)

    walaupun buat touring, kalo di ajak kebut kebutan kan ga malu maluin, siapa juga yang berani nantang? fu? vixion? byxon? NMP? lewat lah, cuma gen ninja sama cbr yang bisa nandingin nih motor, sana ninja 150, asal bukan rr juga bisa di jabanin kok kata seseorang yang ngetes, malah katanya ada ninja rr yang mau adu, liat tarikan awalnya tuh krr jadi liatin ban, kayana merasa bocor tuh ban motor,walaupun nyatanya ga bocor xixixiixix

    • kalo diliat spesifikasi diatas kertas seh, torsinya motor ini memang besar, walapun bobot juga berat. ya bisa jadi enteng untuk putaran bawah sampai menengah, bisa didapat dengan waktu yang lumayan singkat :D

  8. kalo inazuma yang ini nggak cocok buat turing maupun balapan, tapi cocok buat nyunat burung ente karena nggak berani kawin :mrgreen:

    http://kristalkuning.wordpress.com/2012/10/10/inazuma-itu-apa-sih/

  9. reverse cell phone lookup

    Oh my goodness! a great write-up dude. Thanks a ton Nevertheless
    I am experiencing issue with ur rss . Do not identify why Can not sign up to it.
    Is there anybody obtaining the same rss problem? Anyone who knows kindly respond.
    Thnkx

    • there may be a slight problem with the browser software on your computer. should try to update it first, maybe it could help you.

  10. i how to run faster

    I believe one of your ads caused my web browser to resize, you may well wish to put that on your blacklist.

    • meaning what? ads on my website to change the display size of your browser? explanation please sir. thank you for your visit, sir. : D

  11. reverse phone lookup

    Woah this is just an insane amount of info,
    must of taken ages to compile so cheers so much for just sharing it with all of us.

  12. ngapain juga dibanding2in..trus dicela, kurang kerjaan
    klo suka beli, gak suka, ya beli yg lain…
    tul gak mas? :lol:

    saya pribadi sih pengen ni inazuma, gak peduli mau keluar kawak ninja yg baru :twisted:

    • selera orang berbeda2x itulah uniknya konsumen roda dua diindonesia he. klo yang tidak sepaham, ya gitu deh fara fansboy berkomentar tidak sedap :D
      klo saya sendiri pengennya FXR reborn lagi mas, kangen dengan motor2 suzuki sport fairing cc kecil macam RGR dulu. tapi mungkin itu hanya mimpi belaka :(

  13. Ambil atu lah kang :mrgreen:

  14. Definitely,Chilly place! We stumbled on the cover and I’m your own representative.
    limewire limewire

  15. reverse cell phone lookup

    You’ll definitely see your skills within the work you write. The arena hopes for more passionate writers just like you who are not afraid to say how they believe. All that the time follow your heart.

  16. cell phone lookup by name

    I feel for instance I’m often searching for interesting things to read about a
    range of niches, on the other hand I manage to
    include your blog among my reads every day as you have compelling entries that I
    look forward to. Here’s hoping there’s a ton more amazing material coming!

  17. reverse cell phone lookup

    You produced some decent points there. I looked on the web for the issue and found most people will
    go coupled with with all your website.

  18. Hi there this is somewhat of off topic but I was wanting
    to know if blogs use WYSIWYG editors or if you
    have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: